Minggu, 30 Juni 2013

Belajar PASCAL - 2 Pengenalan Variabel (Variable)

Sebelum kita belajar mengolah data seperti hitung-hitungan (operasi matematika dasar), kita perlu tempat penyimpanan data sementara (akan hilang jika aplikasi ditutup), yaitu variabel (ingat matematika pas di SMP). Lalu, bagaimana cara menggunakan variabel tersebut?

 program HelloWorld01;  
 var  
  a  : string;  
 begin  
  writeln('Hello World');  
  readln(a);  
 end.  

Coba masukkan script di atas ke onlinecompiler.net/pascal, lalu klik compile, download file .exe-nya, dan run file .exe-nya. Ada tulisan "Hello World" kan? Sekarang coba script dibawah ini:
 program HelloWorld02;  
 var  
  a  : string;  
 begin
  readln(a);
  writeln(a);  
  readln(a);  
 end.  

Script ini mempunyai input dan output. Pertama-tama kita declare dulu variabel a, kemudian kita buat input berupa teks, yang kita simpan ke dalam variabel a yang telah kita buat tadi. Nah, setelah itu perintah writeln berfungsi untuk menampilkan teks yang telah disimpan dalam variabel a.

Nah, apa fungsi readln(a), di akhir program? Fungsinya adalah untuk mencegah program untuk menutup halaman (windows) setelah menampilkan output (secara default, program akan ditutup sendirinya setelah mencapai akhir program).

Sekarang coba perhatikan script di bawah ini:
 program Hitung01;  
 var  
  a     : string;
  x,y,z : integer;  
 begin  
  x:=5;
  y:=7;
  z:=x+y;
  writeln(z);  
  readln(a);  
 end.  
Terasa familiar? Ingat pelajaran SMP? Itulah contoh pengunaan konsep aljabar sederhana pada PASCAL. Pada script di atas, pertama-tama program akan mendeclare variabel a sebagai string, dan x, y, z sebagai integer. Setelah itu kita masukkan nilai x dan y masing-masing 5 dan 7. Kemudian kita isi variabel z dengan jumlah variabel x dan y, yaitu 5 + 7 = 12.

Terus bagaimana cara kita membuat input bagi pengguna, semacam kalkulator penjumahan sederhana? Ayo sobat, coba buat programnya. Dengan memahami 3 script ini sobat pasti bisa!!! Belajar pemrograman itu harus berani bereksperimen dan mencoba sesuatu seperti ini. Selamat mencoba!!

Tutorial lengkap mengenai Pemrograman PASCAL bisa di cek di sini.
Sebelumnya Belajar PASCAL - 1 Pengenalan (Dasar Pemrograman)
Selanjutnya Belajar PASCAL - 3 Struktur Pemrograman PASCAL

6 komentar:

Mohon berikan komentar untuk artikel terkait, guna berbagi informasi. Komentar yang bertujuan untuk promosi/dagang dan/atau mengandung unsur SARA akan dihapus, dan ID akan dibanned.