Senin, 11 Februari 2013

Mencoba Dunia Pemrograman

Hai sobat, mungkin game "Friut Ninja" atau "Angry Birds" tidak asing lagi. Tapi pernahkah tercetus pikiran kalau ingin membuat game serupa? Atau membuat game kreasi sendiri seperti tetris? Atau bahkan hanya ingin membuat aplikasi sederhana seperti jam digital? Nah, yang kalian butuhkan hanyalah komputer, compiler, dan keahlian dalam pemrograman. Makanya, ayo kita belajar pemrograman!!!

Bahasa Pemrograman
Sebelum mulai belajar memprogram, kita harus tau apa yang disebut dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang sering kita gunakan adalah C++. Bahasa pemrograman C++ bisa kita jumpai pada browser, game, aplikasi lainnya, bahkan untuk memprogram robot. Bahasa C++, pada awalnya berhasal dari bahasa C yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. Selain C++, terdapat pula bahasa pemrograman yang dikembangkan sezaman yaitu Java yang dikembangkan oleh Oracle. Ternyata Java juga menggunakan bahasa C sebagai bahasa dasarnya.

Perbedaan mencolok dari C++ dan Java adalah cara menjalankan aplikasinya dan proses compilingnya. Pada C++, saat membuat suatu aplikasi, satu source code dapat dicompile sesuai dengan operating system atau embedded system yang diinginkan, seperti Linux, Windows, chip pada robot dll (lihat: Write once, compile anywhere WOCA). Sedangkan Java, hanya bisa dijalankan pada sistem apapun yang sudah terinstall platfrom Java yang terdapat pada Windows (SDK) mobile phone (J2ME, JDK), BlackBerry, juga Android (ADK) (baca: Write once, run anywhere WORA).

Ternyata bahasa pemrograman yang sejajar dengan bahasa C (cikal bakal C++ dan Java), bahkan sebelum dikembangkannya C, adalah bahasa PASCAL. Nah bahasa inilah yang sering dilombakan di Indonesia, karena bahasa ini adalah salah satu dari bahasa pemrograman tingkat tinggi generasi pertama (High Programming Language). Salah satu lomba yang menggunakan PASCAL adalah OSN (Olimpiade Tingkat Nasional) tingkat SMA.
Kalau ada bahasa pemrograman tingkat tinggi, berarti pasti ada bahasa pemrograman tingkat rendah (low programing language) atau sering disebut juga bahasa mesin. Bahasanya adalah essembler.

Membuat Program Sederhana
Untuk membuat suatu program (yang bisa dijalankan di Windows), pertama-tama kita harus melakukan coding, yaitu menuliskan perintah-perintah yang dimengerti bahasa pemrograman itu. Misalkan pada PASCAL, perintah untuk memunculkan sebuah pesan (karakter, huruf, atau angka) adalah "writeln". Berikut contoh lengkap pemrograman menggunakan PASCAL.
 Uses Wincrt;
 var
  a    : Byte; 
 Begin
  Writeln("Halo Dunia");
  Readln(a); 
 End.

Nah, langkah selanjutnya adalah mengcompilenya menjadi file ".exe". Banyak compiler PASCAL tersedia seperti turbopascal dan freepascal. Tapi kali ini mari kita coba dengan compiler online. Datanglah ke www.onlinecompiler.net dan copy script di atas di kolom tersedia. Klik compile dan download file ".exe"nya. Coba jalankan file tersebut, dan sobat telah membuat program pertama. Selamat!!!

Terus, apa yang sekarang harus dipelajari? Nah, karena bahasa pemrograman itu butuh penalaran, cobalah belajar pemrograman dasar menggunakan PASCAL terlebih dahulu. Kita juga bisa belajar PASCAL di Tokilearning dengan website, www.tokilearning.org. Kalau tetap penasaran cara buat game atau aplikasi dengan mudah, cobalah GameMaker!!! Dengan GameMaker, kita bisa membuat game tanpa kemampuan pemrograman yang tinggi. Mari belajar pemrograman!!!

Ayo belajar PASCAL di sini!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berikan komentar untuk artikel terkait, guna berbagi informasi. Komentar yang bertujuan untuk promosi/dagang dan/atau mengandung unsur SARA akan dihapus, dan ID akan dibanned.