Minggu, 14 Juli 2013

Belajar PASCAL - 4 Tipe Data Variabel (Variable)

Hai sobat, sudah nggak sabar buat program-program sederhana? Tunggu dulu ya, sekarang kita akan membahas mengenai tipe data pada PASCAL dulu. Tipe data pada PASCAL itu bermacam-macam, tapi yang akan dibahas di sini hanya integerreal, stringchar, dan boolean. Tapi sebelumnya, mari kita lihat script PASCAL di bawah ini.

 Program Perpangkatan
 //Uses Wincrt;
 var
  a: string; 
  i,n: integer;
  x: real;
 Begin
  Writeln('========Ini Program 2 Pangkat======');
  Writeln('==Hanya bisa untuk bilangan bulat==');
  Writeln('===================================');
  Write('Masukkan nilai pangkat: ');Readln(n);
  x:=1;
  for i:=1 to n do
   begin
    x:=x*2;
   end;
  Writeln('Jadi, 2 pangkat ',n,' = ',x:0:2);
  Readln(a); 
 End.
Ingat!! Jika sobat menggunakan compiler TurboPASCAL, tulis uses wincrt;, jika bukan, abaikan.

Program perpangkatan di atas menunjukkan penggunaan beberapa jenis variabel dengan tipe data tertentu.

Integer (Indonesia: bilangan bulat)
Tipe data integer merupakan tipe data yang hanya bisa menampung bilangan bulat. Bilangan yang mempunyai digit di belakang koma tidak dapat disimpan dalam variabel ini. Range bilangan yang dapat disimpan dalam tipe data ini adalah dari -215 sampai 215 (-32768 sampai 32767).

Longint (Long Integer)
Tipe data ini merupakan perpanjangan dari tipe data integer, tipe datanya juga hanya menampung bilangan bulat. Tidak seperti integer yang termasuk tipe data 16-bit (lihat pangkatnya, dari negatif sampai positif totalnya 65536 alias 216 angka), tipe bilangan longint termasuk tipe data 32-bit dan dapat menampung range yang lebih besar, yaitu dari -1031 sampai 1031 (-2147483648 sampai 2147483647).

Real (Indonesia: bilangan riil atau nyata)
Berdasarkan namanya, real, bilangan ini merupakan bilangan yang dapat menampung bilangan pecahan, alias bilangan bulat ataupun bilangan dengan angka dibelakang komanya. Tidak seperti tipe data penampung angka lainnya, tipe data ini mempunyai range yang sangat banyak, tergantung platformnya[1] dan menurut pengalaman ketika menggunakan Windows XP angka yang ditampung sangat besar, melebihi integer dan longint.

Dari ketiga tipe data penampung angka tersebut, mengapa kita tidak memilih tipe data yang dapat menampung data paling besar dan fleksibel (menampung angka di belakang koma) saja, yaitu real? Alasannya, ada beberapa perintah yang tetap membutuhkan bilangan bulat untuk dapat berjalan, seperti contoh, variabel i dalam for pada script di atas, harus menggunakan tipe data integer atau longint.

Terus mengapa kita tidak memakai longint saja untuk bilangan bulat, range tipe datanya kan paling besar? Sebaiknya, kita memakai integer atau bahkan shortint saja kalau kita tidak membutuhkan angka yang sangat besar, karena semakin luas jangkauan tipe datanya, semakin banyak memori komputer yang digunakan[2]. Mungkin jika kita menggunakan 1 variabel yang bertipe longint tidak terasa, tapi jika kita menggunakan banyak (misal di dalam array) variabel, komputer akan bekerja lebih berat.

String
String itu adalah tipe data yang dapat menampung kumpulan karakter alias kata. Karakter disimpan dalam bentuk array (tabel 1 dimensi). Tipe data ini juga mempunyai range jumlah karakter yang dapat ditampung. Range pada tipe data ini adalah 255 karakter, lebih jelasnya, dari 0 karakter hingga 255 karakter, atau 256 (28) kemungkinan jumlah karakter.

Char (Character)
Mirip dengan string, char juga termasuk tipe data yang dapat menyimpan karakter, tetapi tipe data ini hanya dapat menyimpan 1 karakter saja.

Boolean (True or False)
Masih ingatkah boolean itu di SMA? Boolean adalah tipe data yang hanya menyimpan nilai true atau false, 1 atau 0. Penggunaan dari tipe data ini banyak sekali, terutama adalah untuk memeriksa atau memberi tanda/flag pada suatu kegiatan atau peristiwa tertentu dalam program.

Nah sobat, itulah tipe-tipe data yang paling sering digunakan dalam pemrograman, tidak hanya PASCAL, tapi bahasa pemrograman lainnya, jadi siap untuk tutorial selanjutnya?

Daftar Pustaka:
[1] http://wiki.freepascal.org/Variables_and_Data_Types
[2] http://stackoverflow.com/questions/15871390/under-what-circumstances-can-long-int-be-used-in-c

Tutorial lengkap mengenai Pemrograman PASCAL bisa di cek di sini.
Sebelumnya Belajar PASCAL - 3 Struktur Pemrograman PASCAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berikan komentar untuk artikel terkait, guna berbagi informasi. Komentar yang bertujuan untuk promosi/dagang dan/atau mengandung unsur SARA akan dihapus, dan ID akan dibanned.