Senin, 24 Juni 2013

Belajar PASCAL - 1 Pengenalan (Dasar Pemrograman PASCAL)

Hai sobat pernahkah kalian belajar membuat aplikasi sederhana? Kalau belum marilah kita belajar dasar-dasar pemrograman. Tetapi sebelumnya, bagaimana cara agar teks/script dapat diubah menjadi program yang executable agar dapat kita gunakan?

Agar dapat bekerja, sebelumnya script bahasa pemrograman harus dicompile dulu menjadi bahasa mesin, yang akan diterjemahkan kembali oleh Operating System menjadi tampilan yang menarik (user-friendly). Software yang berfungsi untuk mengcompile namanya compiler. Pada PASCAL, compiler yang terkenal adalah Turbo Pascal dan Free Pascal. Pascal sendiri dapat dicompile secara online di onlinecompiler.net.

Pada pemrograman yang paling penting adalah langkah-langkahnya atau kita sebut dengan algoritma. Algoritma berasal dari penulis dari Arab, Al-Khawarizmi. Algoritma adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk mencapai sesuatu. Sebagai contoh, untuk membuat teh, pertama-tama, siapkan cangkir, lalu masukkan teh, gula, dan sendok ke dalam cangkir, kemudian masukkan air panas ke cangkir tersebut, secangkir teh siap disajikan. Itulah contoh dari sebuah algoritma.

Terdapat 3 unsur utama dalam pemrograman (maupun robotik). Unsur-unsur tersebut adalah input, proses, dan output. Ketiga unsur tersebut akan dipadukan dalam suatu algoritma.

Output

Output adalah hal yang paling penting dari pemrograman, karena output adalah informasi yang akan kita tunjukkan kepada user/pengguna. Sebaga contoh, kalkulator memberikan output berupa angka hasil hitung, jam, memberikan informasi mengenai waktu.

Pada PASCAL output yang paling sederhana adalah:
 writeln('Halo Dunia!!');
Potongan script di atas menghasilkan output berupa text yang bertuliskan "Halo Dunia!!"

 text:=('Halo Dunia!!');
 writeln(text); &nbsp
Potongan script ini juga mengeluarkan output yang sama. Pertama-tama teks "Halo Dunia!!" akan disimpan dalam variabel text yang kemudian akan ditampilkan melalui perintah writeln.

Input

Hal penting lainnya adalah input. Input memberikan kontrol kepada pengguna untuk mendapatkan output yang diinginkan, seperti memasukkan kalimat dan mengeklik tompol "post" pada halaman facebook, akan mengirim pesan/text tersebut ke server, yang kemudian akan diposkan ke halaman facebook kita.

Pada PASCAL input yang paling sederhana adalah:
 readln(text);
 writeln(text);  
Potongan script ini menampilkan suatu input berupa teks yang disimpan dalam variabel text, yang kemudian akan ditampilkan kembali melalui perintah writeln.

Proses

Yang satu ini adalah intinya dari suatu pemrograman. Banyak metode-metode yang dapat digunakan dalam memproses data (baik dari input maupun bukan) dan menampilkannya dalam bentuk output. Logika-logika dasar dalam mencerna suatu data dalam pemrograman adalah operasi matematika dasar,  if...then..., looping (while, repeat, for), function, dan procedure.

Selain itu, untuk menyimpan data, bahasa pemrograman menyimpannya dalam bentuk variable (variabel), array, dan juga database. Tetapi, pada PASCAL hanya berupa variabel dan array.

Nah, itulah dasar-dasar dari pemrograman. Sudah siap untuk membuat aplikasi pertama dengan PASCAL?

Tutorial lengkap mengenai Pemrograman PASCAL bisa di cek di sini.
Selanjutnya Belajar PASCAL - 2 Variabel (Variable)

18 komentar:

  1. wah mantap banget gan ane jadi ngerti dikit2 makasih banyak ya semoga blognya makin jaya....

    BalasHapus
  2. makasih gan , jadi tau deh dasar pascal , kan kadang kadang asal praktek aja :D
    main juga di blog saya : rickodsn.blogspot.com

    BalasHapus
  3. http://narotama.ac.id

    Terimakasih gan atas infonya :)

    BalasHapus
  4. info nya sangat bermanfaat gan.. mau menambahkan gan, ini nemu video di youtube yang bahas tentang pascal lengkap, siapa tahu bermanfaat bagi sesama..
    https://www.facebook.com/groups/1473303126310490/?ref=ts&fref=ts

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih link-nya ke komunitas programming.

      Hapus
  5. Var

    umur : byte;

    sekolah : string;

    begin

    umur := 20;

    sekolah := ‘iSTTS’;

    writeln(‘Umurku ‘,umur,’ tahun’);

    writeln(‘Aku bersekolah di ‘,sekolah);

    end.

    BalasHapus
  6. makasih min, saya udeh ngerti dasar-dasar pemrograman pascal

    www.smartkiosku.com

    BalasHapus
  7. Thx gan infonya , saya Share ke blog saya buat nambah pengetahuan saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh.. Silahkan dibagikan tulisannya..

      Hapus
  8. Tutorial dan info yang sangat bermanfaat bagi para pemula, Terimakasih :)

    BalasHapus
  9. izin cops https://zulkhiarahman150499.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, silahkan di salin artikelnya... Jangan lupa tulis sumbernya ya.. =D

      Hapus

Mohon berikan komentar untuk artikel terkait, guna berbagi informasi. Komentar yang bertujuan untuk promosi/dagang dan/atau mengandung unsur SARA akan dihapus, dan ID akan dibanned.