Senin, 22 Juli 2013

Syntax PASCAL yang Sering Terlupakan

Hai sobat, pernah mengcompile PASCAL, tapi nggak bisa-bisa karena keluar terus pesan error? Kita perlu yang namanya debug. Debug sendiri adalah adanya error pada sistem Mark II (komputer generasi pertama) yang disebabkan oleh nyangkutnya serangga (bugMoth di relay komputer. Akhirnya masalah atau error pada komputer dinamakan bug.

Nah, bagi yang mendapat pesan error, dan bingung cara menghadapinya, jangan frustasi, coba baca pesan errornya. Jika sobat menggunakan compiler Turbo PASCAL, sobat bisa lihat informasi pada bagian bawah compiler. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat memprogram:

  • Setiap instruksi dalam bahasa Pascal, harus diakhiri dengan Operator Akhir Instruksi yaitu tanda titik koma (;).
  • Untuk mengakhiri program Pascal, instruksi end harus diikuti Operator Akhir Program yaitu tanda titik (.). Dalam sebuah program Pascal hanya akan terdapat satu saja Operator Akhir Program.
  • Pada compiler Turbo PASCAL, kita harus menambahkan perintah uses Wincrt; setelah menuliskan nama program. Pada compiler lain, jangan menambahkan uses Wincrt;.

Gimana? Sudah bisa mengatasi masalah-masalah pada compiler kalian? Kalau masih belum bisa, coba posting script kalian dan tulis compiler yang dipakai pada kolom comment di bawah. Semangat!!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berikan komentar untuk artikel terkait, guna berbagi informasi. Komentar yang bertujuan untuk promosi/dagang dan/atau mengandung unsur SARA akan dihapus, dan ID akan dibanned.