Sabtu, 29 September 2012

Belajar Pemrograman di Toki Learning Yuk!

Oh iya, OSN Komputer SMA baru saja lewat. Bagaimana hasil OSN sobat? Bagi yang belum beruntung, atau yang belum pernah mengikuti OSN jangan berkecil hati, kalian bisa coba-coba di website Toki Learning.

Bagi yang ingin mengasah kemampuan pemrograman, sobat bisa mendaftar (register) di website Toki Learning. Di website ini, kita dapat berlatih pemrograman secara online. Maksudnya, setelah membuat script pemrograman di komputer, kita upload file tadi dalam bentuk (filetype pascal atau C/C++) .pas atau .cpp, terus website Toki Learning akan melakukan testcase (pemeriksaan/pengecekan) dan menampilkannya hasilnya di website.

Bagi yang belum tau sama sekali mengenai pemrograman, sobat dapat belajar dan latihan juga di website ini melalui Gerbang Toki Beta yang telah dirilis tahun 2011 lalu. Gerbang Toki Beta ini berisi mengenai modul-modul latihan pemrograman dasar dan disertai dengan penjelasan singkatnya, seperti hint gitu deh.

Nah, kalau sobat merasa tertantang, sobat bisa mengikuti Open Contest yang diselenggarakan oleh TokiLearning setiap bulan. Open Contest ini dilaksanakan dalam waktu tertentu, misalkan 3 jam dari jam 7 sampai dengan jam 10 malam. Jadi, tugas kita adalah menulis program untuk menyelesaikan masalah yang diberikan oleh TokiLearning.

Selanjutnya, jika sobat sudah bisa pemrograman dasar seperti input dasar, output dasar, if...then, dan looping, sobat bisa mencoba membuat game sederhana melalui software gamemaker atau baca tutorial pemrograman PASCAL di sini. Ayo sobat, kita latihan pemrograman di Toki Learning!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berikan komentar untuk artikel terkait, guna berbagi informasi. Komentar yang bertujuan untuk promosi/dagang dan/atau mengandung unsur SARA akan dihapus, dan ID akan dibanned.