Sabtu, 22 September 2012

Kapan SMS ini dikirim!!! (Android)


Hai, bagi sobat yang punya handphone berOS android, pernah tidak handphonenya mati, terus pas dinyalakan ada sms masuk? Terus, pas mau tau jam kirimnya (sent-nya) yang ada jam pas handphonya dinyalakan. Bingung kan? Apalagi kalau isi sms-nya seperi ini, "Kita ketemu 3 jam lagi ya, di sekolah.." Apalagi ternyata dia sms-nya 3 jam yang lalu, wah gawat kan? Nah, sebelumnya, saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya.

Ceritanya begini, kemarin malam, saya cek sms di handphone android saya. Pas mau lihat, eh handphonenya mati, belum dicharge. Langsung saja saya colok charger usb ke handphone. KLING! Eh, ada sms masuk, langsung saya lihat. Ternyata dari temen, nanya materi ulangan. Sebelum menjawab smsnya, saya lihat dulu kapan dia kirimnya.



Setelah mengutak-atik handphone, saya menyerah. Yang ada hanyalah jam terimanya (received), bukan jam dia kirim (sent). Setelah googling sebentar, ketemulah aplikasi android yang bernama Sms Sent Time. Aplikasi ini dapat membaca waktu pengiriman sms dan menuliskannya di akhir sms tersebut.
Aplikasi buatan Johannes Zweng ini sangat mudah digunakan. Setelah mendownload aplikasi ini, sobat bisa langsung menjalankannya, kemudian jika ada sms masuk, sobat bisa langsung mengetahui kapan sms itu dikirim.

Nah, default tulisan ini adalah (sent at ...) di bagian bawah sms, kita dapat mengubah format ini melalui menu setting. Nah, kira-kira seperti inilah setelah diedit settingnya.

(sebelum mengubah setting)

(setelah mengubah setting)
Nah, cara mengeditnya sangat mudah, defaulrnya seperti ini, "(sent at %TIME%)", variabel %TIME% nantinya akan diubah menjadi jam kirim sms-nya. Nah sobat dapat mengganti tulisan 'sent at' menjadi 'dikirim pada jam', "(dkirim pada jam %TIME%)". Sobat juga dapat menambah tulisan setelah "%TIME%", seperti "(dikirim pada jam %TIME% WIB)". Selain itu, ada juga variabel "%DATE%" dan "%SMSC%", yang masing-masing fungsinya adalah untuk memunculkan tanggal, serta nomor servis pengirim sms yang biasannya disukai orang-orang teknik.

Sebagai tambahan, %TIME%, %DATE%, dan %SMSC% adalah variabel, maksudnya adalah, tulisannya akan diubah menjadi nilai tertentu, seperti jam tanggal, maupun nomor. Nah di bawah adalah teks yang saya pakai.

"

---------SENT AT---------
(%TIME%, %DATE%
%SMSC%)"

Oh iya sobat, sayangnya aplikasi ini tidak dapat memberitahu waktu pengiriman sms yang telah diterima. Nah, maka dari itu, ayo download aplikasi ini di google store sekarang juga!! Selamat mencoba!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berikan komentar untuk artikel terkait, guna berbagi informasi. Komentar yang bertujuan untuk promosi/dagang dan/atau mengandung unsur SARA akan dihapus, dan ID akan dibanned.