Selasa, 10 Juli 2012

Tutorial MatchMoving 01 (Mengenal MatchMoving)

Mengenal MatchMoving

Banyak sekali teknik yang digunakan oleh film-film kelas Hollywood, baik dari teknik pengambilan video, koreografi, properti, hingga editing video (audio-video, digital imaging, color grading). Saat ini, saya akan menjelaskan salah satu cara digital imaging, yaitu matchmoving atau matchmaker.

Sesuai dengan namanya, matchmoving adalah suatu teknik untuk mensinkronkan suatu objek (misalnya text, objek 3d) dengan video (raw footage). Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan efek, seolah-olah objek itu nyata berada di dalam video. Contohnya, teks yang tertempel di dinding, robot di atas meja, menempel foto di frame foto kosong dan lainnya.

VIDEO


Ada beberapa software yang sering digunakan untuk tracking motion (mentrack gerakan pada video), yang sering digunakan adalah PFtrack/PFhoe, Boujou, dan Syntheyes. Syntheyes dapat mengetrack gerakan objek/object tracking (contoh: gerak tubuh) maupun mengetrack gerakan kamera/camera tracking secara automatis maupun manual.

Sedangkan Boujou hanya dapat melakukan tracking motion (object tracking dan camera tracking) secara automatis, sehingga, kualitas video (footage) yang kurang baik akan sulit diproses dan menyebabkan hasil tracking tidak akurat, alias buruk/jelek. Lain dengan Syntheyes, yang dapat melakukan tracking secara manual.

PFtrack (saya belum pernah menggunakannya) dapat melakukan object tracking dan camera tracking baik secara automatis maupun manual, dan bahkan katanya lebih advance dari syntheyes. Menurut informasi yang saya baca dari http://www.cgsociety.org/index.php/CGSFeatures/CGSFeatureSpecial/captain_america film "Captain America : The First Avenger" menggunakan PFtrack untuk mengecilkan badan "skinny-steve" dan membuat tokoh "Red Skull".

PFhoe adalah program anakan dari PFtrack. PFhoe hanya mengambil fitur camera tracking secara automatis, jadi, footage yang digunakan harus jernih.
Tutorial selanjutnya, saya akan menjelaskan mengenai cara mendapatkan footage yang baik, sehingga dapat di track dengan mudah secara automatis.

LINK Eksternal:

Tutorial MatchMoving selanjutnya akan membahas mengenai cara mendapatkan kualitas footage yang baik, sehingga dapat di track dengan mudah secara automatis.

Tutorial MM 01 Tutorial MM 02>>

1 komentar:

  1. Wah ditunggu nih posting berikutnya... Nggak sabar pengen praktekin cara buat filmnya...

    BalasHapus

Mohon berikan komentar untuk artikel terkait, guna berbagi informasi. Komentar yang bertujuan untuk promosi/dagang dan/atau mengandung unsur SARA akan dihapus, dan ID akan dibanned.